resensi pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar

Resensi Buku “PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR”



Judul buku : pembelajaran matematika dasar bagi anak beresulitan belajar
Pengarang : J. tombokan runtukahu, M. ED.,PH.D.    Drs. Selpius Kandou, M. AP.
Penerbit : AR-RUZZ MEDIA
Tahun terbit : 2014
tebal halaman : 312 halaman
 Ukuran Buku   : 17 x 24 cm
Nomor ISBN    : 978-602-7874-50-3

            Kesulitan belajar merupakan suatu hal yang wajar dijumpai dalam suatu proses pembelajaran. Hal tersebut dapat terjadi antara lain karena kurang menguasi kemampuan yang dibutuhkan dalam suatu mata pelajaran, otak kurang berfungsi, adanya tekanan dari lingkungan, malnutrisi (kurang gizi), dan adanya ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh anak. Mata pelajaran yang dianggap sulit oleh mayoritas pelajar kebanyakan berkaitan dengan hitung-menghitung angka, seperti matematika dan fisika yang menggunakan dasar-dasar matematika pula.

                                                                              
Sebuah kondisi tertetu atau disebabkan latar belakang tertentu kadangkala ditemui anak-anak mengalami kesulitan belajar. Anak-anak yang diklasifikasikan sebagai berkesulitan belajar bukan karena berlatarbelakang mental atau IQ rendah, melainkan justru umumnya memiliki tingkat kecerdasan rata-rata. Salah satu karakteristik anak berkesulitan belajar adalah ia berkesulitan belajar matematika. Kesulitan yang mereka alami dapat disebabakan oleh faktor fisiologis, yakni yang berkaitan dengan kemampuan otak dalam menjalankan fungsinya. Ada juga diantara mereka yang berfikir  dengan cara berbeda  dibandingan dengan individu normal pada umumnya. Selain faktor psikologis, terdapat beragam faktor lainnya yang mungkin menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar.
            Memang tidak ada cara yang paling unggul dalam mengajarkan matematika bagi anak- anak berkebutuhan khusus, termasuk anak berkesulitan belajar matematika. Namun buku yang ditulis oleh pakar matematika dan Pendidikan khusus ini menguraikan tentang karakterristik dan kebutuhan akan layanan perbedaan individual dengan menyediakan model dan straregi pembelajaran matematika. Buku ini hadir bagi anda orang tua, para mahasiswa dijurusan Pendidikan luar biasa, guru-guru regular SD, SLB, dan sekolah inklusi yang menangani anak-anak berkesulitan belajar matematika.

Kelebihan
1.  Buku ini sangat menarik karena dapat membantu pembaca mengetahui cara mengajar anak-anak  yang kesulitan belajar matematika
2 2.  Buku ini tidak membuat bosan pembaca karena covernya menarik dan didalamnya terdapat gambar-gambar
   3. Terdapat latihan soal dan bahan diskusi

Kekurangan
1.    Buku kurang menjelasakan secara mendetail bagaimana cara mengatasi kesulitan belajar anak.      
   2.    Ilustrasi terlalu minim.     
   3.   contoh soal tebilang cukup












Komentar

Postingan Populer