resensi pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar
Resensi Buku “PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR”
Judul buku :
pembelajaran matematika dasar bagi anak beresulitan belajar
Pengarang : J. tombokan runtukahu, M. ED.,PH.D. Drs. Selpius Kandou, M. AP.
Penerbit : AR-RUZZ MEDIA
Tahun terbit : 2014
tebal halaman : 312 halaman
Ukuran Buku : 17 x 24 cm
Penerbit : AR-RUZZ MEDIA
Tahun terbit : 2014
tebal halaman : 312 halaman
Ukuran Buku : 17 x 24 cm
Nomor ISBN : 978-602-7874-50-3
Kesulitan belajar merupakan suatu hal yang wajar dijumpai dalam suatu proses pembelajaran. Hal tersebut dapat terjadi antara lain karena kurang menguasi kemampuan yang dibutuhkan dalam suatu mata pelajaran, otak kurang berfungsi, adanya tekanan dari lingkungan, malnutrisi (kurang gizi), dan adanya ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh anak. Mata pelajaran yang dianggap sulit oleh mayoritas pelajar kebanyakan berkaitan dengan hitung-menghitung angka, seperti matematika dan fisika yang menggunakan dasar-dasar matematika pula.
Sebuah kondisi tertetu atau disebabkan latar belakang tertentu kadangkala
ditemui anak-anak mengalami kesulitan belajar. Anak-anak yang diklasifikasikan
sebagai berkesulitan belajar bukan karena berlatarbelakang mental atau IQ
rendah, melainkan justru umumnya memiliki tingkat kecerdasan rata-rata. Salah
satu karakteristik anak berkesulitan belajar adalah ia berkesulitan belajar
matematika. Kesulitan yang mereka alami dapat disebabakan oleh faktor
fisiologis, yakni yang berkaitan dengan kemampuan otak dalam menjalankan fungsinya.
Ada juga diantara mereka yang berfikir
dengan cara berbeda dibandingan
dengan individu normal pada umumnya. Selain faktor psikologis, terdapat beragam
faktor lainnya yang mungkin menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar.
Memang tidak ada cara
yang paling unggul dalam mengajarkan matematika bagi anak- anak berkebutuhan
khusus, termasuk anak berkesulitan belajar matematika. Namun buku yang ditulis
oleh pakar matematika dan Pendidikan khusus ini menguraikan tentang
karakterristik dan kebutuhan akan layanan perbedaan individual dengan
menyediakan model dan straregi pembelajaran matematika. Buku ini hadir bagi
anda orang tua, para mahasiswa dijurusan Pendidikan luar biasa, guru-guru
regular SD, SLB, dan sekolah inklusi yang menangani anak-anak berkesulitan
belajar matematika.
Kelebihan
1 1. Buku ini sangat menarik karena dapat membantu pembaca
mengetahui cara mengajar anak-anak yang kesulitan belajar matematika
2 2. Buku ini tidak membuat bosan pembaca karena covernya
menarik dan didalamnya terdapat gambar-gambar
3. Terdapat latihan soal dan bahan diskusi
Kekurangan
1 1. Buku kurang menjelasakan secara mendetail bagaimana
cara mengatasi kesulitan belajar anak.
2. Ilustrasi terlalu minim.
3. contoh soal tebilang cukup
2. Ilustrasi terlalu minim.
3. contoh soal tebilang cukup
Komentar
Posting Komentar